Rabu, 03 April 2013

Desa Tanjung Bulan

Masyarakat desa merupakan bagian terkecil dari suatu Negara, setelah adanya masyarakat Kota besar, sampai ke tingkat masyarakat dalam ruang lingkup Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan. Gambaran umum dari suatu desa adalah indentik dengan suatu kata "DESO",  dari kata tersebut serba kekurangan, tidak layak dan lain sebagainya, tetapi semua itu "Penulis" berpendapat lain, untuk itu dalam hal ini kami akan berusaha mengapresiasikan kata hati orang desa dalam suatu penulisan argumentasi sederhana yaitu menjelaskan dalam bidang-bidang tertentu yang bisa diikuti oleh pembaca mengenai Desa Tanjung Bulan kecamatan Rambang Kuang, dan masyarakat di luar selain dari desa tersebut, antara lain :
a.  Bidang Pendidikan Di Desa Tanjung Bulan
     Dalam hal bidang pendidikan, masyarakat desa merupakan masyarakat yang sangat menyadari arti penting suatu Pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal, di Desa Tanjung Bulan terdapat sarana Pendidikan Baik dari Pemerintah maupun dari Swadaya Masyarakat, sarana yang ada misalnya 

Sarana Pendidikan
Status
Jumlah
TK/PAUD
Swasta
3 (Swadaya/Pemerintah)
SD/MI
Negeri/Swasta
1/1 (Pemerintah/Swadaya)
SMP/MTS
Terdaftar
1 (Swadaya)
 Anak Usia Sekolah untuk tingkat Pendidikan  tersebut diatas semuanya 99 % menuntut pendidikan disekolah tersebut diatas, dengan keterbatasan, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, dan menghasilkan alumni pelajar yang cukup berpotensi, sekaligus menghasilkan dan menggali potensi sumber daya manusiayang minimal tidak buta huruf.
Sarana Kesehatan Desa Tanjung bulan
Di desa Tanjung Bulan, terdapat Poskesdes, dan ada juga sarana berobat lainnya, misalnya perawat yang melayani kesehatan masyarakat.
Sarana Penerangan Desa
Sebagian besar penduduk desa Tanjung Bulan adalah Pelanggan PLN, tetapi penduduk juga menyiapkan mesin Gent Set apabila lampu mengalami pematian. atau gangguan jalur kabel PLN.
Sarana Ibadah Desa
Di desa Tanjung Bulan memiliki sebuah mesjid yang dapat menampung kurang lebih 750 Jemaah. dan musolah yang dapat menampung 50 Jemaah.
Sarana Informasi
Di desa Tanjung Bulan dapat menangkap siaran televise, signal Hand Phone, hal itu menjadi sarana informasi bagi seluruh penduduk desa.
           POPULASI TERNAK
           Populasi ternak yang ada di desa Tanjung Bulan adalah Sapi, Itik, Kambing, Biri-biri, 
          yang dikelola        masyarakat secara tradisional dan diliarkan, atau tidak di pelihara secara 
          intensif. Yang dipelihara secara intensif hanya ayam pedaging.
          Infrastruktur
 Dalam hal ini yang paling disebut adalah jalan, Jalan akses cukup baik, pembangnan jalan ini berasal dari baik APN, APBD, dan Pihak Ketiga. Jalan tersebut berupa Aspal, Cor Beton, maupun Tanah.
Gambaran Umum Penduduk
Masalah penduduk tidak terlalu menjadi permasalahan, baik bagi Desa, Kecamatan, Kabupaten maupun Negara. Penduduk Desa Tanjung Bulan Rata-rata mempunyai mata pencaharian Petani Karet, disamping itu juga petani ladang, yang mempunyai pendapatan cukup memadai demi memenuhi kebutuhan hidup sehari, dan tidak ada lagi masyarakat yang hidupnya di bawah garis kemiskinan.
Penduduk Desa Tanjung Bulan berasal dari beberpa suku, diantaranya, Penduduk Asli, Jawa, Sunda, Batak. Dari berbagai suku tersebut penduduk hidup berdampingan, damai, dengan jiwa gotong royong, dan kekompakan yang relatif masih tinggi.
Penduduk Desa Tanjung Bulan berjumlah 2188 yang terdiri dari 1072 Perempuan 1116 Laki-laki, tergabung dalam jumlah Kepala Keluarga 572 Kepala Keluarga.  (Setelah Post ini, akan kami kemukakan gambaran khusus dari Desa Tanjung Bulan) To Be Continue.........

2 komentar:

  1. Di desa Tanjung Bulan itu saya lihat ada SMA yang dekat kuburan atau deket pertigaan , mohon informasinya. itu swasta atau negri.? baru ada 3 lokal kalo gak salah.

    BalasHapus
  2. Di desa Tanjung Bulan itu saya lihat ada SMA yang dekat kuburan atau deket pertigaan , mohon informasinya. itu swasta atau negri.? baru ada 3 lokal kalo gak salah.

    BalasHapus